BIBIT AZOLLA Microphylla - Medan

Butuh BIBIT AZOLLA Microphylla untuk dikembangkan sebagai alternatif makanan ikan nila, gurame, lele, bawal, dan berbagai ternak lainnya seperti ayam, kambing, lembu! Juga dapat dipakai sebagai pupuk hidup dalam pertanian terutama padi.
Kami menyediakan BIBIT AZOLLA Microphylla dengan harga Rp. 65.000,-/paket - 1kg (belum termasuk ongkos kirim) untuk pemesanan hubungi 0822 9419 2182 (Riski).

Azolla Tumbuhan Air sangat Kaya Protein

Selasa, 10 Juli 2012

Azolla sangat kaya protein, asam amino esensial, vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene, mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. 
Berdasarkan berat kering azolla mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. 
Sementara kandungan karbohidrat dan lemak Azolla sangat rendah. Komposisi nutrisi azolla membuat Azolla sangat efisien dan efektif untuk pakan ikan, ternak, dan unggas. Ternak dengan mudah dapat mencerna azolla, karena kandungan protein yang tinggi dan lignin yang rendah.

Percobaan pada hewan ternak penghasil susu, jika pakan dicampur dengan 1.5 – 2 kg Azolla per hari dapat meningkatkan produksi susu sebanyak  15%. Peningkatan kuantitas susu tidak saja karena kandungan gizi Azolla saja, sehingga diasumsikan bukan hanya nutrien, tetapi juga ada peningkatan komponen lain seperti  karotenoid, biopolymer, probiotik yang ikut meningkatkan produksi susu. 
Memberi pakan unggas dengan Azolla juga dapat meningkatkan berat ayam broiler dan meningkatkan produksi telur.

Pada tahun 2002 International Journal of Poultry Science, Bangladesh mencobakan pemberian Azolla dalam ransum ayam broiler sebanyak 5%, 10%, 15%. Dari percobaan ini diperoleh hasil yakni pada pemberian 5% azolla ayam tumbuh lebih baik dibanding pakan biasa. Pada 10% dan 15% campuran, berat badan hampir sama dengan yang diberi pakan biasa, tetapi lemak di perut unggas agak berkurang.
Azolla juga dapat diberikan untuk pakan biri-biri, kambing, sapi, lembu dan kelinci. Di Cina, budidaya Azolla bersama dengan padi dan ikan meningkatkan produksi beras sebanyak 20% dan ikan sebanyak 30%. (Ratna M Noer - http://green.kompasiana.com/penghijauan/2011/01/26/azolla-si-pupuk-hidup/)

Bila azolla digunakan sebagai campuran pakan, maka azolla dapat dicampur sebanyak 15% dari total pakan. 
Misalnya total pakan 200 kg maka 15% dari 200 kg adalah 30 kg. Jadi azolla dapat ditambahkan sebanyak 30 kg ke pakan ternak. Sehingga penggunaan azolla ini dapat menghemat biaya pakan sebesar 15% atau 30 kg kali harga pakan biasa.

Butuh bibit azolla kunjungi : Jual Bibit Azolla Microphylla