BIBIT AZOLLA Microphylla - Medan

Butuh BIBIT AZOLLA Microphylla untuk dikembangkan sebagai alternatif makanan ikan nila, gurame, lele, bawal, dan berbagai ternak lainnya seperti ayam, kambing, lembu! Juga dapat dipakai sebagai pupuk hidup dalam pertanian terutama padi.
Kami menyediakan BIBIT AZOLLA Microphylla dengan harga Rp. 65.000,-/paket - 1kg (belum termasuk ongkos kirim) untuk pemesanan hubungi 0822 9419 2182 (Riski).

PAKAN SAPI ATAU LEMBU YANG MUDAH DIKEMBANGKAN - AZOLLA MICROPHYLLA

Jumat, 17 Januari 2014

Pakan sapi atau lembu dari azolla microphylla. Tanaman air yang mudah diperbanyak di kolam tanah atau kolam terpal dengan pertumbuhan 35% setiap hari. Azolla microphylla memiliki kandungan gizi yang sangat bagus untuk pertumbuhan ternak seperti sapi/lembu. Azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan sapi/lembu. Sapi/lembu dengan mudah dapat mencernanya, karena kandungan protein yang tinggi dan lignin yang rendah.
pakan sapi-lembu
Azolla Pakan Sapi/Lembu


Dr Kamalasanan Pillai dan rekan-rekannya di Proyek Pengembangan Sumber Daya Alam (NARDEP) di Vivekananda Kendra melakukan uji coba menggunakan Azolla sebagai pengganti pakan untuk hewan sapi, baik sapi pedaging maupun sapi perah (penghasil susu).

Kamalasanana menemukan peningkatan produksi susu ketika Azolla dikombinasikan dengan pakan yang teratur, dan bahwa 15-20 % dari pakan komersial bisa diganti dengan jumlah yang sama Azolla secara berat kering tanpa mempengaruhi produksi susu, terjadi penghematan 20-25 % biaya yang selanjutnya dapat digunakan untuk membeli pakan komersial. Mereka juga menyimpulkan bahwa sapi perah yang diberi kombinasi pakan Azolla mengalami peningkatkan kualitas susu, kesehatan, umur panjang ternak.

Pemanfaatan azolla microphylla sebagai pakan sapi/lembu dapat meningkatkan keuntungan pertenak sapi/lembu karena dapat menekan pembelian pakan sapi/lembu karena azolla dapat dengan mudah diproduksi sendiri di kolam-kolam terpal yang bisa dibuat disekitar peternakan sapi.
Kolam terpal dapat dibuat dengan terlebih dahulu mengisi dasar kolam dengan media tanah campur pupuk kandang sapi/lembu ataupun kambing.dengan ketebalan 10 cm kemudian kolam diisi air dengan ketinggian 10 - 20 cm. Setelah itu bibit azolla dapat ditabur di kolam.

Sapi lagi menikmati azolla sebagai pakan yang lezat
Pakan Sapi/Lembu
Azolla microphylla dapat dipanen setiap hari sebanyak 35% dari luas permukaan azolla yang tumbuh di kolam. Azolla segar ini dapat dibeikan langsung sebagai pakan sapi/lembu.

Untuk kebutuhan bibit azolla untuk diperbanyak sebagai pakan sapi/lembu silakan pesan di nomor 082294192182 (sms/call). Atau untuk info pemesanan kunjungi halaman Pesan Bibit Azolla Microphylla

azolla pakan sapi lembu
Pemanfaatan azolla microphylla sebagai pupuk hidup, kompos, pakan ternak