BIBIT AZOLLA Microphylla - Medan

Butuh BIBIT AZOLLA Microphylla untuk dikembangkan sebagai alternatif makanan ikan nila, gurame, lele, bawal, dan berbagai ternak lainnya seperti ayam, kambing, lembu! Juga dapat dipakai sebagai pupuk hidup dalam pertanian terutama padi.
Kami menyediakan BIBIT AZOLLA Microphylla dengan harga Rp. 65.000,-/paket - 1kg (belum termasuk ongkos kirim) untuk pemesanan hubungi 0822 9419 2182 (Riski).

PAKAN GURAME ATAU GURAMI

Jumat, 10 Januari 2014

Pakan gurame sangat menentukan perkembangan ikan gurame atau gurami. Gurami termasuk ikan air tawar yang bisa memakan apa saja, mulai dari plankton, serangga, hingga tumbuhan berdaun lunak. Yang penting adalah pakan gurami tersebut harus mengandung nutrisi utama yang dibutuhkan gurami yakni protein. Sisanya bisa berupa lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Adapun jumlah nutrisi yang dibutuhkan gurami tersebut bisa berbeda-beda tergantung ukuran dan usia gurami yang dipelihara.

Pakan Gurame atau gurami berdasarkan ukuran garame

Pakan Gurame ukuran larva
Larva gurame yang baru menetas hingga berumur sekitar 10 hari tidak perlu diberi pakan karena pakan gurame sudah tersedia dari cadangan kuning telur di tubuhnya. Setelah 10 hari biasanya cadangan kuning telur tersebut akan mulai habis dan larva gurame bisa mulai diberi pakan berupa fitoplankton (rotifera, infusoria, chiorella) dan zooplankton (daphnia, cladochera, artemia).

Selain pakan berupa fitoplankton dan zooplankton, pakan alternatif gurame bisa diberikan berupa adonan kuning telur, tepung kedelai dan tepung sagu yang direbus dengan tambahan sedikit air. Pakan alami berupa cacing sutera bisa diberikan pada larva gurami dengan terlebih dahulu diblender. Pemberian pakan gurame atau gurami ini dilakukan hingga gurami berumur sekitar 40 hari. Pada usia tersebut, larva gurami seharusnya telah mencapai ukuran kuku atau sekitar 1-2 cm.

Pakan Gurame ukuran kuku (1 -2 cm)
Ikan gurame ukuran kuku (1- 2 cm) dapat diberi pakan berupa cacing sutera. Pakan gurame buatan berupa pelet tepung dengan kandungan protein sekitar 38-40 % juga sudah bisa diberikan pada ikan gurame ukuran kuku. Pakan gurame tersebut bisa diberikan hingga gurami mencapai jempol atau hingga gurame mencapai usia sekitar 60 hari sejak menetas.


Pakan Gurame ukuran silet atau ukuran jempol
Ikan gurame ukuran silet sudah bisa diberi pakan berupa pelet ukuran 1-2 mm dengan kandungan protein sekitar 32-40%.
Selain pakan gurame berupa pelet, untuk mengurangi biaya pembelian pakan, ikan gurame sudah bisa diselang selingi dengan pemberian pakan berupa daun bertekstur lunak seperti daun talas muda, daun keladi muda, daun pepaya muda dan daun ketela muda atau tanaman air seperi Azolla Microphylla juga sudah mulai bisa diberikan dan pakan buatan berupa pelet bisa dihentikan dan digantikan dengan pemberian daun-daunan terutama azolla.


Azolla Microphylla sangat mudah untuk dikembangkan sebagai pakan alami alternatif ikan gurame dengan tingkat perkembangan sekitar 35% dari berat massanya setiap hari dengan kondisi air optimal. Azolla merupakan tumbuhan air yang dapat dikembangkan di kolam bersamaan dengan ikan gurame dengan terlebih dahulu diperbanyak di kolam tersendiri. Azolla dapat diberikan langsung pada ikan gurame tanpa perlu diolah lagi.

pakan gurame
Azolla sebagai pakan alami gurame yang mudah dikembangkan
Azolla Microphylla sangat potensial dikembangkan sebagai pakan karena azolla sangat kaya akan protein, asam amino esensial, vitamin (vitamin A, vitamin B12 dan Beta- Carotene), mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, zat besi, dan magnesium. Berdasarkan berat keringnya, mengandung 25 – 35% protein, 10 – 15% mineral dan 7 – 10% asam amino, senyawa bioaktif dan biopolymer. Sementara kandungan karbohidrat dan lemak Azolla sangat rendah. Komposisi nutrisinya membuat Azolla sangat efisien dan efektif sebagai pakan ikan, ternak, dan unggas. Ternak dengan mudah dapat mencernanya, karena kandungan protein yang tinggi dan lignin yang rendah.

Untuk pemesanan Bibit Azolla Microphylla dapat menghubungi (sms atau call) 082294192182.
Harga bibit azolla microphylla per paket (1 kg) Rp. 65.000,-.
Melayani pengiriman ke seluruh wilayah nusantara dengan titipan kilat TiKi.
Azolla dikemas sedemikian rupa hingga bisa tahan sampe 7 hari perjalanan.

pakan gurame
Pemanfaatan azolla di bidang pertanian dan peternakan